Berkaca dari Negara dengan Bangunan Ramah Lingkungan terbaik di Dunia

Berkaca dari Negara dengan Bangunan Ramah Lingkungan terbaik di Dunia

Produk ramah lingkungan saat ini sedang ramai diminati, masyarakat telah sadar bahwa lingkungan yang sehat perlu untuk keberlangsungan hidup bersama. Serta sadar keselarasan terhadap semua kehidupan dan yang ada di sekitarnya. Rusaknya lingkungan hidup akan berakibat pada terganggunya kelangsungan hidup manusia.  Pembangunan seringkali mendapatkan citra merusak lingkungan akan tetapi saat ini telah gencar digaungkan konsep Green Building. Konsep ini memang sudah tidak asing lagi didengar. Green Building adalah satu pendekatan pembangunan bangunan yang didasarkan atas prinsip-prinsip ekologis. Konsep ini sudah banyak digunakan oleh negara-negara maju di Dunia dan bahkan telah diimplementasikan dengan sangat baik oleh negara tetangga Indonesia yaitu Singapura. Faktor terwujudnya hal ini di Singapura karena menggunakan produk-produk yang sesuai dengan standar Green Building seperti salah satunya Drywall atau dinding gipsum. Drywall telah menarik minat masyarakat Singapura untuk berpindah dari dinding konvensional/ dinding bata ke dinding gipsum (Drywall). Yuk simak alasan mengapa warga dan industry konstruksi di Singapura tertarik pada penggunaan Drywall? 

  1. Produk Daur Ulang

    Drywall masuk dalam kategori ramah lingkungan, hal tersebut disebabkan karena material Drywall punya karakter dapat didaur ulang. Daur ulang akan menghasilkan papan gypsum baru yang sama ketahanan dan kualitasnya dengan papan gypsum normal. Kualitas daur ulang papan gypsum melalui proses daur ulang yang kompleks dan memastikan keamanan hasil papan gypsum yang tidak mengandung zat berbahaya dan beracun. Selain bisa di daur ulang menjadi papan gypsum baru, papan gypsum juga dapat di daur ulang sebagai produk pertanian, semen, produk kertas dan pengomposan

  2. Meningkatkan Produktivitas


    Drywall lebih cepat dipasang dibandingkan dengan dinding konvensional/dinding bata. Tingkat produktivitas adalah 15-20m2 /man-day dibandingkan dengan dinding konvensional yang membutuhkan waktu sekitar 4-7m2 /man-day. Pekerjaan dinding Drywall sangat cepat dimana sangat membantu peningkatan durasi konstruksi. Karena waktu konstruksi yang relatif lebih singkat sehingga meminimalisir sampah konstruksi dan biaya.

  3. Pembangunan Berkelanjutan


    Green Building hadir sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan hasil yang nyata bagi pembangunan berkelanjutan. Green building dirancang, dikembangkan dan dijalankan dengan mempertimbangkan unsur-unsur seperti kualitas udara dalam ruangan, penggunaan sumber daya yang berkualitas, dan efisien. Drywall memiliki kelebihan yang dapat menunjang standar tersebut seperti minim penggunaan sumber daya, tahan terhadap perubahan suhu atau cuaca, tahan benturan, lebih ringan, ramah lingkungan, lebih hemat, mudah dipasang dan diperbaiki membuat material drywall menjadi salah satu sistem yang dapat mendukung pembangunan berkeberlanjutan.

  4. Memiliki Sertifikasi Singapore Green Label
     

    Material drywall khususnya Jayaboard diproduksi dari bahan daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan dan berkontribusi pada konstruksi yang berkelanjutan. Green building di Singapura bersertifikasi SGLS yang tidak hanya memperhitungkan dampak pada konsumen, tetapi juga memperhitungkan penggunaan bahan baku, transportasi, manufaktur, dan pengemasan produk. Dengan demikian, produk bersertifikat SGLS tidak akan rentan terhadap “green-washing” karena kriterianya yang kuat, yang menjamin konsumen dan membantu warga Singapura dalam membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. Selain mendapatkan sertifikat Green Label Singapura, Jayaboard juga memenuhi standar Internasional lainnya seperti SMK3, ISO 9001 dan ISO 14001.

    Green building memang sangat gencar dilakukan oleh Singapura, dilansir oleh Solidiance pada tahun 2016 menduduki peringkat kedua di dunia sebagai kota yang menerapkan Green building terbaik. Pembangunan bangunan di Singapura sangat diperhatikan dan melalui proses tahapan yang ketat untuk dapat membuat sebuah bangunan. Sehingga, ini sangat menarik minat masyarakat Singapura selain material drywall direkomendasikan oleh pemerintah, juga memiliki manfaat lain untuk konsumen karena teruji aman untuk Kesehatan.

    Punya pertanyaan lebih lanjut atau ingin konsultasi langsung dengan Tim Jayaboard? Hubungi Hotline 021 797 7777 (WA/Call).
     

Referensi

(BCA), B. a. (2021). QUALITY FEATURES IN ARCHITECTURAL ELEMENTS. Retrieved from https://www.bca.gov.sg/publications/enhanementseries/others/chapter5.pdf

Okezone. (2016). Retrieved from https://economy.okezone.com/read/2016/07/12/470/1436272/soal-green-building-singapura-terbaik-kedua-dunia

Pinhome. (2021). Retrieved from https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/drywall/

Richard, T. (2020). 99.co. Retrieved from https://www.99.co/blog/indonesia/kelebihan-dinding-gypsum/