Performa Akustik Optimal untuk Musisi

Performa Akustik Optimal untuk Musisi

Deskripsi

Dengan keterbatasan ruang gerak dimasa pandemi, para pekerja dunia kreatif dituntut untuk dapat beradaptasi dengan situasi yang ada. Selain konsep Home Studio yang saat ini semakin berkembang di tengah masyarakat karena meningkatnya kegiatan Work from Home, mulai bermunculan kebutuhan konsep ruangan lain seperti salah satunya Music Studio.

Marcello Tahitoe (Ello), seorang musisi dengan lagu-lagu populer yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, tetap berkeinginan untuk terus produktif dan berkarya dalam situasi pandemi. Membuat home music studio adalah salah satu impiannya yang ingin diwujudkan ketika merencanakan renovasi rumah tinggalnya yang berada di Kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.  

Bekerjasama dengan Keneth Sandy Studio dan Jayaboard, studio musik dengan tema minimalis dan maskulin yang dibangun persis di atas rumah (rooftop) ini memiliki konsep yang fungsional. Kualitas akustik dan performa kekedapan suara dalam ruangan merupakan faktor utama yang sangat diperhitungkan oleh tim arsitek saat pembuatan sistem partisi studio musik tersebut, dalam hal ini tim technical Jayaboard membantu perancangan sistem partisi akustik kedap suara yang tepat dengan menggunakan papan gipsum Soundstop™ agar menghasilkan performa kekedapan suara yang optimal, ekspektasi suara tidak bocor dan mengganggu tetanggapun dapat tercapai. Untuk membantu meningkatkan kualitas akustik dalam ruangan, papan gipsum Jayabell™ digunakan sebagai media penyerapan suara melalui perforasi dan tissue akustik yang terdapat pada permukaan papan sehingga dapat membantu meredam gaung/gema dalam ruangan. Jayabell™ juga difungsikan oleh tim Arsitek sebagai elemen dekorasi dengan menambahkan lampu pada bagian belakang papan, sehingga cahaya yang keluar dari lubang perforasi Jayabell™ tersebut mampu menjadi pusat perhatian ruangan.

Karena studio musik tersebut dibangun pada bagian rooftop, pemilihan material eksteriorpun menjadi salah satu concern tim arsitek, dimana material berat atau teknik pengecoran tidak dapat dilakukan on-site. Sebagai solusi, papan Durock® digunakan pada bagian dinding eksterior studio musik dan mampu mempercepat waktu konstruksi bangunan dengan fiturnya yang ringan dan mudah diaplikasikan. Dalam prosesnya, team kontraktor juga diberikan training langsung di lapangan oleh tim Jayaboard untuk memastikan sistem yang terpasang, hal tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan optimal yang selalu diberikan Jayaboard selama 28 tahun berkarya di Indonesia.

Produk Jayaboard yang digunakan:

Nama Proyek:
Studio Musik Marcello Tahitoe

Tahun:
2021

Arsitek:
Keneth Sandy Studio

Kontraktor:
PT. Clarisa Mitra Sejati